Unit Iklan

10 Langkah Menjadi Blogger Sukses | Tips Blog

Walaupun nama besar Eka Lesmana, Tukang Angon Bebek yang menjadi Blogger Sukses saat ini telah beralih menjadi pengembang Android. Namun keberadaan Blog dan Adsense masih menjadi daya tarik yang sangat memikat. Nama besar seperti Timon Adiyoso dengan blog nya mastimon.com serta Mas Sugeng Blog yang menggunakan blog sugeng.id. Masih menjadi penyemangata bagi para bloger pemula saat ini.


Hai Sahabat Kataku

Pada mulanya sekitar tahun 2014 saya memulai ngeBlog namun kerumitan adsense hosted dan adsense non-hosted membuat saya beralih menjalani Youtube. Karena pada saat itu, Youtube lebih user friendly bagi para pemula seperti saya. Namun semenjak perubahan algoritma Youtube membuat Youtube saya yang berkembang dari channel original juga terpapar dan hilang arah.

Saya memahami perasaan teman teman yang memulai awal ngeblog. Mencari ilmu kesana kemari, hanya untuk dapat belajar. Karena tidak semudah itu mendapatkan ilmu tentang dunia blog ini. Saya juga memaklumi karena para bloger berhasil juga tidak memulainya dengan mudah, namun dengan usaha keras dan berapa banyak waktu yang di korbankan demi mengembangkan blog mereka hingga sesukses saat ini. Terus kita dengan mudahnya "merengek" para bloger sukses tersebut memberikan "jalan pintas" bagi kita yang blogger pemula. Pasti mereka juga ingin kita belajar dengan sangat giat bukan berharap hasil yang instan.

__________ 10 LANGKAH MENJADI BLOGGER SUKSES __________


Saya memahami dan mencoba mempelajari bagaimana seorang blogger sukses mencoba mengembangkan blog mereka hingga bisa sebesar saat ini. Walaupun saya juga menuntut ilmu dengan seorang blogger sukses. Namun ada perasaan segan saya untuk terlalu banyak bertanya tentang hal hal yang seharusnya saya pelajari dahulu hingga buntu baru bertanya.

Jadi menurut saya, apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang blogger sukses. Berikut langkah langkah menjadi blogger sukses :

1. GIGIH DALAM BERUSAHA

Saya tahu koq, pada mulanya ngeblog kamu akan merasakan kejenuhan dan stres karena setiap artikel yang kamu buat visitor nya masih secuil alias imut imut. Bahkan kamu akan berfikir bahwa Blog mu akan gagal dan tidak menghasilkan apa pun. Namun bersabarlah, Google sendiri butuh waktu untuk mengindeks artikel yang kamu masukan agar bisa terindeks kedalam portal Google. Jangan pernah menyerah teruslah menulis artikel hingga seluruh dunia tahu tentang Blogmu.

2. REALISTIK

Membangung sebuah Blog saat ini menurut saya ada dua macam cara mengembangkan topik blog kamu untuk membangun hubungan dengan pembaca :
  • Yang Pertama, kamu hilangkan idealisme kamu jadilah Realistik dengan membuat artikel artikel yang di gemari oleh pembaca, trend saat ini bahkan kebutuhan pasar. Ingat mengembangkan artikel itu seperti mejual barang dagangan. Nah barang dagangan apa yang laku di pasaran itu yang semestinya kamu jual.
  • Yang Kedua, kembangkan blog kamu secara Personal. Jadikan hubungan keterikatan antara kamu dan pembacamu. Banyak Blogger yang berhasil mengembangkan Blog mereka dengan membangun hubungan personal dengan pembacanya seperti Travel Blogger. Salah satu Travel Blogger yang saya gemari adalah diarysivika.


3. TENTUKAN PASSION MU DAN BERSENANG SENANGLAH

Untuk mengorbankan idealisme mungkin banyak dari bloger pemula yang kesulitan. Maka itu kamu bisa memulai dengan mencari passion mu dulu dalam mengembangkan blog mu. Bisa jadi membahas mengenai Traveling, Makanan atau Fashion. Pilih Saja apa yang menjadi passion mu atau yang kamu gemari dalam mengembangkan sebuah blog.

Niche blog itu memang penting, namun menentukan passion mu dalam pengembangan sebuah blog juga tidak kalan pentingnya. Karena Passion itu akan menjadi moodboster kamu saat sedang down dalam menulis artikel.

Setelah kamu temukan Passion mu dalam menulis..lalu BERSENANG SENANG LAH GAEEEESSS...

Percayalah, ide untuk menulis artikel akan mengalir deras setiap harinya.

4. RUTIN POSTING MINIMAL SEHARI SEKALI

Kamu tau? Teori Pengulangan...Semua yang di lakukan secara rutin dan teratur secara disiplin akan menghasilkan sesuatu yang optimal. Jadi jangan pernah kamu merasa lelah dalam menulis artikel walau saat permulaan visitor kamu sedikit sekali. Google pun sangat tertarik dengan blog sehat yang rutin selalu memposting dan memperbaharui artikelnya.


5. SHARE LIKE AND COMMENT

Blog itu hampir sama seperti ngeYoutube, pastikan link untuk share, berlangganan dan koment di blog kamu ada yah. Jangan sampai tidak ada. Biarkan pembaca mu lebih leluasa untuk berinteraksi dengan kamu.
" Jangan Lupa Like, Share, Comment and Bookmark alias Ctrl+D"

6. BUAT TAMPILAN BLOG SEMENARIK MUNGKIN

Jadikan blog itu seperti rumah kamu sendiri yang kamu hias sedemikian rupa, namun jangan sampai keberatan dengan bermacam macam widget yang tidak penting yah. Karena ada pepatah yang mengatakan simple dan sederhana terkadang lebih baik.

Jangan lupa letak Foto atau Video dalam artikel kamu. Berikan tampilan visual dalam setiap artikel kamu. Jangan mau kalah sama koran di lampu merah yang isinya lebih menarik perhatian di bandingkan artikel kamu yah.

Kamu jangan takut dengan tidak memiliki stok foto atau konten, kamu bisa ambil stok https://www.sekataku.com/2019/07/pixabay-dan-unsplash-penyedia-jasa-foto.html
" Sebut Saja Mawar, akhirnya dia sukses menjadi Blogger setelah membaca artikel Sekataku.com"
bila kamu tidak memiliki aplikasi edit gambar atau foto seperti photoshop kamu bisa gunakan cara ini 

7. IKUTI PERKEMBANGAN

Jangan pernah ketinggalan zaman yah. Ikuti terus setiap berita yang viral, hal apa pun yang sedang trend. Jangan malas untuk membaca dan mencari tahu topik apa yang menarik untuk kamu bagi atau share dengan pembaca kamu. Jadikan itu keyword untuk artikel kamu, lalu kembangkan menjadi long tail keyword dan sebagainya.

8. BERFIKIRLAH SEBAGAI PEMBACA BLOG MU

Gunakan kata kata yang mudah di pahami oleh pembacamu, tulis sesuatu yang relevan dengan pembacamu dan bayangkan dirimu sebagai pembaca. Jadi liat lah dari sisi pembacamu saat kamu ingin menulis suatu artikel.

9. SEO FRIENDLY WAJIB

Mau bicara algoritma apa pun, kamu pasti tetap di suruh membuat sesuatu yang SEO Friendly. Kenapa? Ibarat Blog adalah Rumah, maka Google adalah Pemilik Rumahnya. Jadi kamu harus membuat isi di dalam rumah itu sesuai dengan aturan main dari pemilik rumah tadi, agar pemilik rumah tadi senang dan kamu di sayang. Lalu adsense lancar deh...

Jangan males untuk belajar mengenai SEO yah, banyak blog bertebaran di luar sana yang membahas secara mendalam dan detail mengenai cara meningkatkan SEO.

10. SEBARKAN TAPI JANGAN SPAM

Cara terkahir adalah selalu sebarkan artikel kamu tapi usahakan selalu untuk mendapatkan visitor organik. Tidak perlu kamu melakukan cara cara curang untuk mendatangkan visitor pada blog kamu yah. Karena tidak ada satu orang pun yang senang di SPAM, dari pada akhirnya blog kamu di laporkan dan di banned kan bisa jadi masalah rumit.


_________ 10 LANGKAH MENJADI BLOGGER SUKSES __________


Jadikan nama nama besar blogger tadi untuk menjadi pemicu semangat kamu dalam menulis artikel dan mengembankan blog mu. Salah satu cara saya adalah selalu ingat Orang Tua dan Keluarga sebagai pemacu semangat saya dalam membangun artikel blog.

Jangan takut di jutekin saat kamu bertanya tentang blog, jadikan itu sebagai cerita sukses kamu nantinya. Jadi jangan pernah berkecil hati, perjalanan menuju sukses itu di mulai dari langkah kecil yang penuh perih dan berliku. Namun yakin lah tidak akan ada kerja keras yang menghianati hasil.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog sekataku.com, bila ada hal hal yang ingin kamu diskusikan jangan ragu untuk menghubungi saya melalui contact yang sudah saya sediakan atau kamu bisa meninggalkan komen di kolom komentar.
" Semoga yang baca artikel ini akan sukses besar secepatnya dan di berikan kemudahan untuk membantu sesama" 

0 Response to "10 Langkah Menjadi Blogger Sukses | Tips Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel