Unit Iklan

14 Cara dan Tips Melancarkan ASI Agar Melimpah | Tips Sehat

14 CARA DAN TIPS MELANCARKAN ASI AGAR MELIMPAH

Keraguan akan tersedianya asi yang mencukupi pada Ibu menyusui sering sekali terjadi, selalu beranggapan bahwa ASI nya tidak lancar, produksi ASI nya tidak maksimal, ASI nya tidak berlimpah dan masih banyak keraguan lainnya. Padahal ada cara yang mungkin bisa Ibu ibu lakukan untuk mengetahui apa kah ASI yang di hasilkan cukup untuk pasokan susu pada bayi salah satunya dengan melakukan penimbangan berat badan pada bayi. Apakah berat badan ideal pada bayi telah tercapai atau malah menurun.

tips agar asi melimpah,tips asi melimpah,tips melancarkan asi,tips asi lancar,tips memperlancar asi


Sebelum membahas mengenai cara melancarkan ASI, kamu juga perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa membantu produksi ASI menjadi lebih baik dapat kamu lihat disini.

Bagi ibu menyusui yang melihat perkembangan berat badan ideal bayinya tercapai, pastilah tidak memiliki keraguan akan ketersediaan ASI pada bayi nya. Namun pertanyaan akan timbul apa bila bayi tidak mencapai berat badan idealnya, Bagaimana cara untuk menambah dan melancarkan ASI?. Berikut ini akan kita bahas mengenai cara dan tips melancarkan ASI agar melimpah sebagai berikut :

 1. LAKUKAN PERAWATAN SECARA TERATUR DAN EFESIEN

Pada hakikatnya, produksi susu pada Ibu menyusui adalah seperti alur proses permintaan dan persediaan. Susu yang semakin banyak di minum oleh bayi, makan semakin banyak pula alur proses produksi susu pada Ibu menyusui. Lakukan kegiatan menyusui bayi sekitar 2 jam sekali dengan meletakkan bayi pada posisi yang benar. Sehingga bayi dapat menyusui dengan optimal.

2. LAKUKAN PERAWATAN PRODUKSI SUSU RUTIN

Apabila sang bayi lagi tidak sedang ingin meminum susu, Ibu menyusui dapat mengosongkan susu dengan cara memompa pada botol penyimpanan susu agar proses produksi tetap terjadi.

3. WAKTU KHUSUS MENYUSUI

Berikan waktu khusus hanya untuk menyusui dengan menyediakan waktu sekitar dua atau tiga hari. Waktu tersebut juga dapat kamu lakukan untuk membangun keterikatan dengan sang bayi, serta memberikan waktu istirahat santai pada ibu menyusui.

4. MENYUSUI PADA DUA SISI

Biarkan sang bayi menyusui pada satu sisi hingga selesai dan selalu rutin merotasi pada bagian lainnya. Sehingga proses alur produksi bisa terjadi sama rata pada kedua belah bagian.

5. HINDARI PENGGUNAAN DOT ATAU PELINDUNG

Menghindari penggunaan dot dan pelindung pada puting, agar bayi hanya terbiasa menyusui pada Ibunya. Namun penggunaan dot atau pelindung dapat di kecualikan apa bila secara medis di perlukan.

6. ISTIRAHAT YANG CUKUP

Makan dan istirahat yang cukup memberikan kesempatan pada tubuh untuk menghasilkan susu yang lancar dan melimpah.

7. SESUAIKAN MPASI PADA BAYI

Jangan memberikan makanan pendamping ASI pada bayi di bawah enam bulan. Bayi di bawah enam bulan hanya membutuhkan ASI dari Ibu nya saja. Karena kandungan pada ASI bisa mencukupi kebutuhan gizi pada bayi.

8. HINDARI STRES

Produksi susu dapat terganggu dengan adanya stres. Memang menangani sang bayi bukan lah pekerjaan mudah, karena membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Namun tetap tenang dan santai merupakan hal yang paling utama dalam merawat sang bayi.

9. PASTIKAN OBAT YANG KAMU KONSUMSI

Hindari penggunaan kontrasepsi yang bersifat hormonal setelah melahirkan. Periksalah obat obatan medis yang kamu gunakan, apakah akan mengganggu produksi ASI kamu.

10. JANGAN ADA ALKOHOL DAN NIKOTIN

Kalau kamu sudah memastikan ingin merawat bayi, pastikan alkohol dan nikotin berada jauh jauh dari hidup kamu saat ini juga. Karean selain membahayakan bayi , kandungan alkohol dan nikotin juga dapat menekan produksi ASI kamu.

11. GUNAKAN BRA YANG NYAMAN

Penggunaan bra yang tidak tepat akan mengganggu aliran produksi ASI bahkan bisa menyebabkan penyumbatan. Jadi gunakan lah bra yang tepat, yang bisa membuat kamu dan bayimu nyaman.

12. PEMIJATAN

Melakukan pemijatan di sekitar area ASI akan membantu merenggangkan dan membuka saluran alur produksi ASI tadi. Sehingga dapat membantu memperlancar ASI bagi Ibu menyusui.

13. PERAWATAN SKIN TO SKIN

Pada metode ini sering di gunakan pada saat bayi pertama kali di lahirkan, bayi akan langsung di posisikan pada dada Ibu, untuk langsung bisa menyusui. Teknik ini akan membantu membanguan ikatan antara Ibu dan Bayi, serta meningkatkan hormon penghasil susu.

14. LAKUKAN PEMOMPAAN

Melakukan pemompaan saat sesi antara waktu menyusui bayi dengan istirahat adalag upaya untuk menjaga ketersediaan ASI.

MELANCARKAN ASI AGAR MELIMPAH


Setiap Ibu menyusui hendaknya tidak terlalu khawatir, karena kamu bisa konsultasikan kekhawatiran kamu tentang produksi ASI. Namun selagi sang bayi sehat, bahagia dan terus tumbuh dengan berat badan ideal. Ibu menyusui jangan terlalu khawatir tentang persediaan ASI kamu.

Terimakasih telah mau berjuang mencari artikel mengenai Cara dan Tips melancarkan ASI agar melimpah. Mungkin ada sedikit rasa khawatir tentang kapasitas produksi ASI kamu saat ini, hingga mencari cara dan tips melancarkan ASI. Namun semoga bayi bayi terus tumbuh sehat dan bahagia karena memiliki Ibu yang selalu ingin berjuang untuk sang buah hati tercinta.


0 Response to "14 Cara dan Tips Melancarkan ASI Agar Melimpah | Tips Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel