Unit Iklan

Report DMCA yang Bisa di Salah Gunakan, Blog Besar sugeng.id Terkena Dampak Yang Merugikan | Info Blog

SUGENG.ID DAN MASALAH REPORT DMCA

Saya sebagai blogger pemula yang gak pemula pemula amat...Hahaha sangat kaget saat salah satu program yang di buat oleh Mas Sugeng selaku pemilik sugeng.id kena report DMCA, yang jelas jelas topik artikel tersebut adalah benar milik Mas Sugeng.

sugeng.id, mas sugeng, blogger, template, dmca


Sejak nama Eka Lesmana muncul saya juga sudah sering mendengar nama sugeng.id dan maxmonreo.com. Makanya saya sedikit banyak tahu bahwa Mas Sugeng cukup banyak membantu blogger blogger berkembang dan berhasil di jalan ninjanya.

Review Juga cara mudah mendaftar DMCA lihat disini


Program afiliasi yang dijalankan oleh Mas Sugeng di blognya dengan penjualan template, sebenarnya menurut saya pribadi adalah salah satu upaya menambah pemasukan bagi para bloger selain juga dapat menambah visitor di blog.


Namun entah angin topan apa yang tiba tiba terjadi, begitu banyak blogger yang melaporkan bahwa artikel mereka dengan topik template tersebut rata rata di take down oleh DMCA. Puncaknya pada status Facebook Mas Sugeng yang berjudul " Apakah Saya Harus Pamit? " pada awal Agustus lalu.


Saya pikir itu hanya candaan receh seperti Youtuber terkenal lalu kembali lagi tidak sampai dua hari. Fix saat itu saya fikir mas sugeng sedang mencoba melatih kadar bercandanya. Namun saat saya melihat postingan mas sugeng jelas terbaca " Pemberitahuan penghapusan DMCA dari Google Penelusuran ". Mari kita coba telaah lebih dalam.

REPORT DMCA BLOG YANG BISA DISALAHGUNAKAN

Jadi setelah saya melihat info yang di berikan oleh mas sugeng di Facebooknya tadi, saya mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Bahkan tidak hanya blog mas sugeng dengan sugeng.id nya yang terkena dampak laporan DMCA, blogger Kang Adhi Suryadhi dengan kompiajaib rupanya juga terkena laporan DMCA tersebut.

Hasil penelusuran saya, sepertinya ada laporan dari pihak yang tidak bertanggung jawab mengklaim Hak Cipta di DMCA. Hingga template yang menjadi program afiliasi sugeng.id di take down dari pihak Google. Tidak hanya itu, rata rata blogger yang membahas template afiliasi itu juga terkena dampaknya.

PERBEDAAN REPORT DMCA BLOGGER DENGAN YOUTUBE

Pada Youtube kamu pasti tahu, Youtube juga memberikan link untuk melakukan report terhadap video video youtube yang tidak sesuai dengan aturan youtube. Namun sepengalaman saya melihat youtube, laporan report pelanggaran youtube itu tidak serta merta dapat mentake down sebuah video. Kecuali memang jelas sekali pelanggaran copy right nya.


Kenapa saya bisa bilang laporan report youtube tidak serta merta mentake down video yang melanggar kebijakan youtube. Contohnya kalau memang cukup hanya dengan mereport sebuah video pasti tidak perlu report report sebuah lembaga Kementrian hingga harus mengadakan pertemuan dengan youtuber. Contoh berikutnya, bila memang cukup hanya report dari youtube. Tidak mungkin video ikan asin bisa terus berjalan hingga akhirnya membawa sang youtuber ke depan pengadilan.


Pada blog, saya temukan cukup berbeda. Setiap orang memiliki akses penuh untuk melaporkan pelanggaran DMCA pada sebuah blog. Laporan tersebut bisa langsung segera di tindak lanjuti bahkan blogger sekelas mas sugeng saja bisa terkena dampaknya.


Memang dari hasil penelusuran saya, blogger yang terkena laporan pelanggaran DMCA tadi bisa melakukan banding kepada Google. Namun jelas laporan laporan palsu tadi memberikan dampak riskan bagi bloger bloger, terutama bloger pemula yang masih berjuang mengembangkan blog.

APAKAH ITU DMCA

Digital Millenium Copyright Act atau yang dikenal dengan DMCA adalah suatu aturan mengenai Hukum Hak Cipta di Amerika Serikat. Jadi DMCA di buat untuk memberikan perlindungan penuh bagi pemilik Hak Cipta dan menekan pelanggaran mengenai Hak Cipta.


Dunia digital di era industri global saat ini sangat rentan sekali dengan pelanggaran Hak Cipta. Pelanggaran terhadap artikel, pembajakan lagu dari media download, hingga penyalah gunaan konten di market place yang di upload ulang.


Sebenarnya sebagai blogger kamu bisa melakukan proteksi di blog kamu agar artikel di blog kamu tidak diambil oleh pihak pihak yang tidak berwenang dan disalah gunakan.

POLEMIK REPORT PALSU DMCA

Semoga polemik mengenai report palsu ke DMCA hingga merugikan banyak blogger ini dapat segera berkahir. Karena jalan hidup dan rejeki masing masing orang telah di atur sedemikian rupa. Jadi tidak perlu lah melakukan cara cara yang tidak pantas hingga akhirnya merugikan pihak pihak tertentu. Apa lagi program program seperti afiliasi tadi dapat membantu pemasukan bagi bloger pemula yang mungkin belum tentu dapat menautkan akun adsense di blognya.


Terimakasih telah berkunjung ke artikel Report DMCA yang Bisa di Salah Gunakan, Blog Besar sugeng.id Terkena Dampak Yang Merugikan, semoga info ini bisa bermanfaat bagi kamu dan sukses selalu ya!

0 Response to "Report DMCA yang Bisa di Salah Gunakan, Blog Besar sugeng.id Terkena Dampak Yang Merugikan | Info Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel