Unit Iklan

TIPS SEPUTAR STRUKTUR DEBAT | Tips Bisnis

TIPS SEPUTAR STRUKTUR DEBAT


Kita semua juga senang berdebat , Bukan? Namun sangat disayangkan dalam sebuah perdebatan seringkali tujuan beradu argumen-keterampilan dan asah otak-berakhir dengan teriakan dan lontaran penghinaan yang menyerang kepada pribadi. 

Sikap kontra produktif ini membuat perdebatan menjadi menjemukan bagi penonton dan berakibat tidak ada kesimpulan yang bisa ditarik.


struktur debat,struktur debat adalah,struktur debat bahasa inggris,struktur debat beserta contohnya,struktur debat beserta penjelasannya,struktur debat brainly,struktur debat dan contohnya,struktur debat dan jelaskan,struktur debat dan pengertiannya,struktur debat dan penjelasannya,struktur debate


Untuk menghidari hal itu, ada 7 cara untuk menenangkan sebuah perdebatan, dimana jika kita  menerapkanya kita akan keluar sebagai pemenang.

1. Lembut dan Solid

Dalam sebuah perdebatan kita tidak perlu sampai meninggikan suara. Kita harus dalam keadaan tenang terus-menerus. Semakin nyaring suara kita, lawan kita akan lebih nyaring lagi dan akhirnya hanya terjadi pertandingan berteriak. 

Oleh sebab itu, tentu saja kita tidak ingin terjadi kekerasan setelah itu. Kita dapat mencoba untuk berbicara lebih tenang dibanding biasanya.
Agar kita bisa menggambarkan dengan lebih jelas bagaimana lawan-lawan debat kita dan juga akan memberikan gambaran kepada bahwa kita seorang yang bijaksana.  

Perdebatan bukan saja dimenangkan oleh orang yang bersuara paling besar, tetapi perdebatan dimenangkan oleh orang yang mampu memaksakan argumen-argumennya untuk diterima.


2. Tempatkan Lawan Di Sisi Kita

Ini adalah tujuan yang bagus untuk memposisikan lawan sebagai partner bukan lawan. Suasana permusuhan akan tercipta dengan mudah apabila lawan berada di seberang kita secara psikologis dia akan mudah untuk memberikan persetujuan. 

Ini adalah posisi yang kuat dalam perdebatan.


3. Jangan Menyerang

Bukan cara yang baik apabila kita dengan ribut mengatakan kepada lawan ia salah. Jadi pengantinya anda bisa menunjukkan bahwa dia salah dengan menggunakan sanggahan-sanggahan yang baik. Menyebut bahwa lawan kita salah hanya membuat lawan tertekan sehingga semakin menolak argumen kita.
Itu merupakan sebuah komentar yang subjektif, Sederhanalah dalam berdebat dan tunjukkan keinginan baik kita.



4. Janganlah Menjadi Tidak Fair

Jangan pernah saling mengejek usahakan sekali pun lawan kita melakukan terlebih dahulu. Yang harus serang adalah argumentasinya bukan orang nya. 

Semakin cepat kita mulai mengkritk lawan kita, hal itu akan menjadi bukti bahwa kita sudah kehabisan jalan untuk mempertahankan pendapat kita.
Berbagai macam hinaan dan sindirlah adalah jalan yang pasti menuju kekalahan dalam sebuah perdebatan. Jika lawan kita sudah mulai kehilangan kendali dan mulai keluar dari alur debat berarti kita sudah dekat dengan kemenangan.



5. Kembali Ke Pokok Materi

Ketika lawan kita mulai kehabisan argumen, dia akan berusaha beralih ke topik lain. Dengan demikian, dia berharap kita terpancing untuk lari dari topik sebelumnya dan membahas hal yang baru yang mungkin akan mengacaukan kita. 

Baca Juga  : Tips Menjadi Pebisnis SUkses

Ketika ini terjadi, jangan terpedaya, segera kembali ke topik asli dengan segera. Jangan memberi kesempatan kepada lawan kita untuk lari ke topik-topik yang lain ( tidak peduli bagaiman pun usahanya untuk mencoba ) sampai kita memenangkan topil itu.


6. Kenaliah Fakta-Fakta Yang Kita Ajukan

Jangan mengatakan bahwa sesuatu itu benar kecuali jika kita benar-benar mengetahuinya. Hal ini disiapkan untuk membuktikan jika perlu. Kita akan mudah di serang kalau argumentasi kita menggambang. 


Baca Juga   : Tips Menjadi Pebisnis Yang Konsisten

Kita tidak usah berdebat kalau argumen kita mengambang. Kita tidak usah berdebat kalau kita tidak bisa mengajukan fakta-fakta dan mengusai keseluruhan informasinya. Apabila lawan kita ternyata lebih mengetahui kebenarannya, Anda akan dibantainya.


7. Ketahuilah Di Saat Kita Mendapatkan Pukulan

Jika kita mempunyai semua fakta untuk kembali ke atas, Kita harus bisa memenangkan argumentasi jika lawan jujur. Tetapi ada kalanya lawan menjadi lebih baik dari anda dan mereka berhasil menyudutkan kita. 

Seandainya itu memang terjadi, Jadilah orang yang jentelmen dan berikan kemenangan kepadanya. Kita harus selalu tampak lembut dalam kekalahan.
Tidak ada hal yang lebih buruk dalam perdebatan dibanding seseorang yang membantah hanya untuk mengacaukan dan tidak mau mengaku kalah. Jadilah seorang kesatria yang mau mengakui kekalahan kita, karena dimata audiens kita adalah pemenang sesungguhnya.


Terima kasih sudah membaca Artikel TIPS SEPUTAR STRUKTUR DEBAT .
Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua ...


0 Response to "TIPS SEPUTAR STRUKTUR DEBAT | Tips Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel