Unit Iklan

Cari Tahu 5 Jenis Hepatitis Yang Wajib Kamu Ketahui!!!

Hai Sahabat Kataku

Kali ini Admin mau bahas tentang Jenis Jenis Virus Penyakit Hepatitis yang wajib temen temen ketahui, tapi sebelum itu temen temen harus tahu dulu apa sih Hepatitis itu. Bisa temen temen baca di post artikel Pinang Kataku di bawah ini :

Baca Juga
Waspadai Penyebarannya, Ciri ciri dan Cara Mencegah Virus Penyakit Hepatitis

Tahukah temen temen dalam waktu dua minggu ini terjadi Kejadian Luar Biasa di wilayah Kabupaten Pacitan. Sudah berdampak hingga menyerang hampir 1000 warga terjangkit penyakit Hepatitis.

Tapi temen temen tidak perlu panik, berikut Admin akan kasih tahu 5 Jenis Hepatitis yang bisa temen temen ketahui sebagai berikut.

Photo by Hush Naidoo on Unsplash


Berikut 5 Jenis Penyakit HEPATITIS yang bisa Kamu Ketahui

1. VIRUS HEPATITIS A ( HAV )

Virus Hepatitis A menyebar melalui Konsumsi Air atau makanan yang telah terkontaminasi oleh kotoran / feses manusia yang telah terinfeksi virus Hepatitis A. Bahkan penyebaran Hepatitis A ini juga bisa menyebar di karenakan prilaku Seks tidak Sehat seperti tidak menggunakan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan seksual.

Sebagian besar mereka yang terpapar virus Hepatitis A di karenakan wilayahnya terdapat sanitasi yang kurang layak atau perilaku hidup bersih yang kurang di terapkan dalam kehidupan sehari hari.

Mencuci tangan saat beraktifitas harian dan saat mengkonsumsi makanan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran Virus penyakit HEPATITIS A. Walaupun Virus Penyakit HEPATITIS A ini bisa berdampak mengancam nyawa dan berakibat parah. Namun salah satu pencegahan yang paling Efektif adalah dengan mendapatkan imunisasi Hepatitis.

2. VIRUS HEPATITIS B ( HBV )

Sebagian besar penyebaran Virus Penyakit Hepatitis B adalah melalui DARAH. Namun cairan dalam tubuh manusia yang telah terpapar Virus Hepatitis B dapat juga menularkan kepada orang lain seperti cairan air mani.

Gagal Hati, Kanker Hati atau Sirosis merupakan dampak yang paling parah di akibatkan dari virus penyakit Hepatitis B kronis yang telah berkembang selama 6 bulan lebih.

Ibu yang terinfeksi Virus Hepatitis B juga dapat menularkan Virus Hepatitis B kepada Bayi nya. Bayi dan Anak anak adalah yang paling rentan terpapar virus Hepatitis B.

"Petugas medis merupakan orang orang yang paling beresiko besar terpapar Virus Hepatitis B saat melakukan tindakan medis"
3. VIRUS HEPATITIS C ( HCV )

Banyak di kalangan masyarakat yang masih sering terjadi salah pengertian terhadap penderita penyakit Virus Hepatitis C bahkan diskriminasi bisa di alami oleh penderita.

Walaupun Vaksin untuk Virus Hepatitis A dan Virus Hepatitis B tersedia, namun belum terdapat Vaksin Virus Hepatitis C. Virus Hepatitis C di sebarkan oleh kontak darah dari penderita Virus Hepatitis C kepada darah orang yang belum terpapar Virus Hepatitis C.

Namun temen temen semua jangan Takut, karena saat ini telah tersedia pengobatan baru yang dapat mengobati penderita penyakit Virus Hepatitis C bahkan lebih mudah dan efektif dengan efek samping yang lebih sedikit.

4. VIRUS HEPATITIS D ( HDV )

Delta Virus adalah penyebab infeksi Virus Hepatitis D yang menyebabkan peradangan Hati.Ada 2 cara penyebaran Virus Hepatitis D adalah sebagai berikut :
  • Koinfeksi, infeksi secara bersamaan antara Virus Hepatitis B dan Virus Hepatitis D.
  • Superinfeksi, Inveksi Virus Hepatitis D kepada penderita Virus Hepatitis B.
Penyebaran virus Hepatitis D ini juga terjadi karena adanya kontak terhadap cairan tubuh penderita Virus Hepatitis D, seperti urine, cairan sperma, cairan vagina, persalinan, kehamilan dan darah.

Pada kenyataannya saat ini belum di temukan vaksin untuk Virus Hepatitis D, namun penggunaan Vaksin Hepatitis B dapat membantu mencegah Virus Hepatitis D.

5. VIRUS HEPATITIS E ( HEV )

Penyebaran Virus HEPATITIS E banyak terjadi di negara berkembang, kontaminasi feses yang telah terpapar Virus Hepatitis E sebagian besar menjadi penyebab menyebar luasnya virus Hepatitis E. Bahkan Indonesia pernah terjadi Kejadian Luar Biasa ( KLB ) penyebaran Virus Hepatitis E.

Pengelolaan sanitasi yang baik merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah masalah penyebaran Virus Hepatitis E yang dapat mudah tersebar melalui konsumsi makanan dan minuman.

Badan Kesehatan Dunia ( WHO ) pada tahun 2012 mendaftarkan Vaksin "Hecolin" untuk membantu mencegah Virus Hepatitis E yang sangat berdampak di wilayah negara berkembang dengan angka kematian mencapai 70 ribu orang dan menginfeksi hampir 20 juta jiwa per tahunnya.

Pentingnya Kita mengetahui 5 Jenis Virus Hepatitis

Itu lah jenis jenis Virus Hepatitis yang dapat temen temen ketahui bersama, semoga info ini dapat membantu temen temen dalam mencegah hidup sehat. Inti dari semua permasalahan penyebaran Virus Hepatitis ini admin rangkum sebagai berikut :

"Biasakan Hidup Bersih dan Sehat, Selalu mencuci tangan dan bahan makanan demi Keberlangsungan Hidup Keluarga Yang Sehat"
Terimakasih sudah berkunjung, jika temen temen ingin request info menarik lainnya. Silahkan komen di kolom komentar ya... 

0 Response to "Cari Tahu 5 Jenis Hepatitis Yang Wajib Kamu Ketahui!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel