Unit Iklan

Tips Cara Menghadapi Setelah Terjadinya Gempa serta Persiapan Masyarakat Jepang Menghadapi Gempa | Tips Ampuh

Hai Sahabat Kataku

Info yang admin blog Sekataku dapatkan, pada hari Selasa 16 Juli 2019 di Nusa Dua Bali terjadi Gempa dengan kekuatan 5.8 SR. Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) gempa ini terjadi karena adanya pergerkan pada lempengan Bumi.

Gempa Bali hari ini karena adanya aktivitas pada lempeng Indo Australia yang masuk pada lempengan Eurasia pada bagian dalam perut bumi.

Indonesia sebagai wilayah Ring Of Fire, merupakan tempat yang memiliki banyak sekali aktifitas gunung berapi dan pergeseran lempeng bumi.

Sebelumnya terjadi gempa di Donggala, Gempa di Palu, Gempa di Situbundo dan jelas gempa yang mengakibatkan Tsunami Aceh adalah sebagian dari banyaknya aktifitas lempeng bumi di Indonesia

Ilustrasi - Photo by Adli Wahid on Unsplash

Gempa bumi dengan berkedalaman rendah ini terletak Laut sekitar 80 km ke selatan dari Kota Negara wilayah Jembrana Bali.

Pada saat kejadian seperti ini masyarakat di harapkan untuk dapat tenang dan tidak terpancing oleh isu isu yang tidak bersumber dengan pasti, dan berakibat kepada keselamatan masyarakat itu sendiri.

Berasal dari situs resmi BMKG di sampaikan bahwa ada 7 Tips atau Cara yang perlu di ketahui Saat Setelah Terjadinya Gempa :

7 Cara Yang Harus di Lakukan Setelah Terjadinya Gempa

1. Saat Berada dalam Bangunan
  • Keluarlah dengan Tertib
  • Gunakan Tangga, jangan menggunakan Eskalator / Tangga Berjalan atau Lift.
  • Lakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( P3K ) saat terluka atau korban luka luka
  • Segera minta pertolongan atau hubungi petugas medis
2. Amati dan Periksa Lingkungan Sekitar
  • Amati dan Periksa apakah adanya sumber api / kebakaran.
  • Amati dan Periksa apakah terjadi kebocoran gas / pipa air
  • Amati dan Periksa apakah ada kabel listrik terputus atau hal apa pun yang dapat mengakibatkan hubungan arus pendek listrik.
  • Amati dan Periksa apa bila di temukan hal hal yang membahayakan.
3. Jangan Memasuki Bangunan Setelah Terjadinya Gempa
  • Bangunan setelah terjadinya gempa, ditakutkan akan terjadinya gempa susulan atau masih ada reruntuhan bangunan yang dapat membahayakan
4. Hindari berjalan di sekitar area Reruntuhan Gempa
  • Untuk menghindari kemungkinan bahaya susulan yang terjadi
5. Dapatkan Informasi Terutama Yang Akurat
  • Gunakan Radio untuk mendapatkan Informasi
  • Utamakan informasi yang di dapat dari Pemerintah
  • Pastikan ke akuratan Informasi yang di dapat
  • Jangan Mudah terpancing oleh isu isu yang tidak dapat di pertanggungjawabkan.
6. Isilah Angket atau Form yang di berikan oleh Instansi terkait terutama Pemerintah. Agar keakuratan informasi yang di dapat, berguna untuk mengetahui seberapa besar dampak kerusakan yang terjadi.

7. Selalu berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tetap tenang, jangan panik. Untuk keselamatan dan keamanan semuanya.

Dalam menghadapi Gempa Bumi, salah satu negara yang sangat siap dalam menghadapi Gempa Bumi adalah Negara Jepang.

Bagaimana Masyarakat Jepang Mempersiapkan Diri Menghadapi Gempa Bumi

1. Mendirikan Bangunan Tahan Gempa
Undang Undang di Negara Jepang mengatur mengenai pembangunan Bangunan Tahan Gempa, hingga hampir 87% bangunan di Negara Jepang di kategorikan sebagai bangunan tahan gempa.

Salah satunya adalah Bangunan Skytree di Jepang yang di buat dengan meniru bangunan pagoda kayu kuno yang telah bertahan selama berabad abad terhadap gempa bumi.

2. Aplikasi Handphone / Smartphone
Pada setiap smartphone di Negara Jepang akan mengeluarkan sistem peringatan darurat gempa bumi dan tsunami dengan info "Jishin Desu!!!Jishin Desu!!!Jishin Desu!!!" yang artinya " Ada Gempa Bumi ".

3. Shinkansen ( Kereta Peluru ) Yang Siap Terhadap Gempa
Kereta cepat yang melintasi Negara Jepang ini memiliki sensor Gempa Bumi, sehingga dapat berhenti saat gempa terjadi dan menghidari jatuhnya korban.

4. Ketersediaan Berita Secara Langsung
Setiap saluran televisi yang berada di Negara Jepang akan menyiarkan secara langsung setiap detail informasi saat terjadinya gempa, dengan harapan seluruh masyarakat dapat mengetahui informasi secara lengkap untuk bertahan dan berlindung ke tempat yang lebih aman.

5. Pendidikan Kesiap Siagaan Gempa
Sejak usia masih muda, seluruh masyarakat di Jepang di ajarkan mengenai pengetahuan menghadapi gempa. Secara umum pengetahuan tersebut seperti bersembunyi di bawah meja saat gempa terjadi.

Bahkan tim pemadam kebaran rutin berkunjung ke sekolah sekolah setiap bulannya, untuk melakukan simulasi gempa bumi di sekolah sekolah.

6. Pembagunan Museum Gempa Bumi
Salah satu cara untuk mengajarkan masyarakat Jepang terhadap bencana alam, salah satunya dengan belajar dari pengalaman masa lalu dari menghadapi bencana alam.

7. Perlengkapan Menghadapi Bencana Alam
Setiap rumah tangga di Negara Jepang memiliki perkakas perlengkapan untuk menghadapi bencana alam, seperti bor, radio, ransum, air mineral dan lain lain.

8. Water Discharge Tunnel ( Terowongan Debit Air )
Terowongan air ini di bangun selama 13 Tahun, pembangunan terowongan ini di gunakan untuk mengumpulkan air banjir yang di sebabkan oleh bencana alam untuk di aliri kembali ke sungai. Sehingga masyarakat dapat terhindar dari marabahaya yang lebih besar lainnya.

Demikian informasi yang dapat admin berikan, semoga seluruh masyarakat selalu di berikan perlindungan dan keselamatan.

Semoga informasi mengenai Tips Cara Menghadapi Setelah Terjadinya Gempa serta Persiapan Masyarakat Jepang Menghadapi Gempa sedikit banyak dapat bermanfaat bagi teman teman.

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini.

0 Response to "Tips Cara Menghadapi Setelah Terjadinya Gempa serta Persiapan Masyarakat Jepang Menghadapi Gempa | Tips Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel