Unit Iklan

Viral Penyakit Meningitis , Kenali Gejala dan Penyebabnya Sebelum Terlambat | Tips Sehat

Olga Syahputra adalah salah satu artis yang paling banyak di ketahui masyarakat Indonesia mengalami penyakit meningitis sebelum akhir hayatnya. Olga Syahputra telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Mount Elizabeth.




Hai Sahabat Kataku

Selain Olga Syahputra ada juga seorang penulis di San Diego, Amerika Serikat yaitu Bre Payton. Hasil CT Scan Bre Payton menunjukan bahwa penyebab meninggalnya Bre Payton karena penyakit Meningitis dan Virus H1N1 atau yang di kenal dengan Flu Babi.


__________ MENINGITIS SYMPTOMS __________


Meningitis adalah infeksi yang menyerang selaput tipis atau membran halus yang di sebut dengan meningens, menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Beberapa jenis penyebab munculnya meningitis di sebabkan oleh Virus, Jamur dan Bakteri.

APA SAJA PENYEBAB MENINGITIS

Meningitis memiliki berbagai macam jenis yang di sebabkan oleh sumber munculnya seperti meningitis bakteri, meningitis jamur, meningitis virus, meningitis parasit serta meningitis non-infeksi. Penyebab munculnya meningitis memang memiliki bermacam macam jenis namun memiliki cara kerja yang sama, seperti menyebar melalui aliran darah dan menyerang otak atau sumsum tulang belakang. Lalu menimbulkan peradangan dan berkembang menjadi infeksi yang lebih lanjut.

Biasanya penyebarannya di mulai dari bagian tubuh lainnya selain otak seperti telinga, tenggorokan dan sinus. Sebagian penyebab dari meningitis adalah :
  • Meningitis Infeksi Jamur
  • Meningitis Tubercolosis ( TBC )
  • Sipilis
  • Gangguan pada autoimun
  • Pengobatan Kanker

JENIS JENIS MENINGITIS

Pada umumnya di kenal meningitis tuberkolosis dan meningitis purulenta, dimana meningitis purulenta adalah radang pada selaput otak yang di sertai dengan cairan otak yang bersifat keruh. Sedangkan pada meningitis tuberkolosis, munculnya meningitis di sebabkan oleh bakteri tuberkolosis.

Namun untuk di ketahui, meningitis di bagi lagi menjadi 5 jenis sebagai berikut :

VIRAL MENINGITIS SYMPTOM

Meningitis Virus, 85 persen kasus meningitis virus di sebabkan oleh virus dengan kategori Enterovirus. Meningitis Virus termasuk kedalam jenis virus meningitis paling umum di jumpai. Virus seperti Coxsackievirus A, Coxsackievirus B dan Echovirus adalah beberapa virus yang masuk kedalam kategori Enterovirus.

Diketahui walau memiliki persebaran yang cukup tinggi, namun hanya sedikit sekali atau sebagian kecil mereka yang terinfeksi meningitis virus berkembang menjadi meningitis. Mengapa penyebarannya bisa begitu cukup tinggi, karena virus seperti influenza, Campak, Herpes bahkan HIV mampu menjadi sumber penyebaran meningitis virus.

Secara mendasar meningitis virus dapat hilang dengan sendirinya tanpa di obati, namun terkadang tindakan medis untuk mendapatkan pengobatan perlu di lakukan.

FUNGAL MENINGITIS

Meningitis jamur tergolong kejadian meningitis langka, karena penyebab meningitis ini adalah jamur yang menginfeksi tubuh lalu menyebar dalam aliran darah dan menyerak otak atau sumsum tulang belakang.

Para penderita Kanker dan HIV adalah sebagian orang yang paling rentan terhadap meningitis jamur ini, karena meningitis jamur hanya menyerang orang orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah.

Beberapa jenis jamur yang paling umum menjadi penyebab meningitis jamur adalah :
  • Cryptococcus, adalah jamur yang terhitup dari tanah yang telah terkontaminasi oleh kotoran burung.
  • Blastomyces, adalah jamur yang di temukan di tanah wilayah bagian barat daya Amerika Serikat.
  • Histoplasma,  adalah jamur yang telah terkontaminasi oleh kotoran kelelawar.
  • Coccidioides, adalah jamur yang di temukan pada tanah di wilayah Selatan, Tengah dan Barat Daya Amerika Serikat.

BACTERIAL MENINGITIS

Meningitis bakteri adalah meningitis yang di tularkan dan di sebabkan oleh infeksi dari bakteri. Ada beberapa jenis bakteri sebagai sumber penularan dan penyebab meningitis bakteri adalah sebagai berikut :
  • Streptococcus pneumoniae, di temukan di wilayah saluran pernapasan, sinus dan rongga hidung.
  • Neisseria mengitidis, penyebarannya melalui air liur dan juga melalui cairan pernapasan.
  • Haemophilus Influenza, penyebabnya oleh infeksi pada darah, radang tenggorokan, selulit dan radang sendi menular.
  • Listeria Monocytogenes, bersumber dari bakteri yang berasal dari makanan.
  • Staphylococcus aureus, sumbernya di temukan pada kulit dan saluran pernapasan.

PARASITIC MENINGITIS

Jenis meningitis parasit di ketahui lebih jarang di bandingkan meningitis virus atau bakteri. Meningitis parasit biasanya di sebabkan oleh parasit yang berada di tanah, tinja, beberapa jenis hewan dan makanan seperti ikan mentah, siput, unggas dan lainnya.

Pada awalnya parasit meningitis menginfeksi binatang atau berada dalam makanan yang kemudian di konsumsi oleh manusia. Salah satu jenis parasit meningitis adalah jenis meningitis eosinofilik, tiga jenis parasit utama dalam meningitis eosinofilik adalah Angiostrongylus cantonensis, Baylisascaris procyonis dan Gnathostoma spinigerum.

Jenis Meningitis Amebic adalah salah satu jenis meningitis parasit yang sangat langka. Amuba yang terdapat pada air masuk melalui hidung, lalu parasit tadi dapat menyebabkan kerusakan jaringan otak. Jenis meningitis amebic yang paling terkenal adalah Naegleria Fowleri

NON INFECTIOUS MENINGITIS

Meningitis non infeksi pada umumnya bukan di sebabkan oleh infeksi namun sering terjadi karena adanya perawatan medis yang sedang di jalani seperi opeasi pada otak, cedera kepala, kanker, lupus dan obat obatan tertentu.

KENALI SIAPA YANG MUNGKIN BISA TERKENA MENINGITIS

Meningitis bisa saja menyerang siapa pun dalam rentang usia apa pun, namun pada umumnya meningitis menyerang pada kelompok kelompok usia sebagai berikut :
  • Anak Balita ( Bawah Lima Tahun )
  • Remaja dan dewasa berusia 16 - 25 tahun
  • Dewasa di atas 55 tahun

VAKSIN UNTUK MENINGITIS

Ada dua jenis vaksin utma yang di gunakan untuk mengatasi meningitis yaitu :
  1. Vaksin Konjugat Meningokokus ( Meningococcal Conjugate Vaccine ), vaksin ini menargetkan perlindunga kepada 4 jenis bakteri paling umum dan memberikan perlindungan yang lebih besar.
  2. Vaksin MenB, vaksin ini di gunakan untuk menargetkan jenis jenis tertentu dan bersifat perlindungan jangka pendek.
Ada beberapa efek samping yang di timbulkan dari pemberian vaksin meningitis, seperti timbulnya rasa sait, kemerahan dan rasa terbakar. Bahkan bisa saja mengalami demam ringan bagi beberapa orang.

PENGOBATAN MENINGITIS

Pengobatan yang di berikan terhadap penderita meningitis, di sesuai dengan jenis meningitis yang mereka alami seperti meningitis virus, meningitis bakteri, meningitis parasit, meningitis jamur dan meningitis non infeksi.

Seperti meningitis Virus di lakukan dengan pemberian obat anti virus intravena. Kebanyakan perawatan medis adalah cara yang paling sering di lakukan bagi penderita meningitis sebelum di putuskan tindakan medis lanjutan.

DIAGNOSIS MENINGITIS

Diagnosis meningitis biasanya di lakukan dengan memulai melihat riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik baru menuju pemeriksaan yang lebih detail seperti pemeriksaan darah, CT Scan atau X Ray 

CARA MENCEGAH MENINGITIS

Cara yang paling jelas dalam menghindari sebuah penyakit adalah membiasakan pola hidup sehat, memiliki waktu istirahat yang cukup, hindari merokok dan asap rokok. Lalu kamu juga mendapatkan Vaksin Meningitis untuk dapat melindungi diri kamu. Hindari penggunaan atau kontak dengan cairan tubuh orang yang kamu ketahui menghidap meningitis seperti air liur dan lainnya.

_________ OLGA SYAHPUTRA DAN MENINGITIS __________


Semoga menjadi pelajaran kita bersama untuk selalu menjaga kesehatan dan membiasakan pola hidup sehat. Karena penyakit bisa menyerang siapa saja, tidak peduli kamu pejabat publik, artis, guru, dosen bahkan tenaga kesehatan sekalipun. Selalu prioritaskan dirimu untuk mendapatkan jaminan hidup sehat bagi tubuh kamu.

Kamu dapat memulai dengan membiasakan mengkonsumsi makanan sehat seperti mengkonsumsi jus seledri atau celery juice. Bahkan kamu juga bisa memulai pola hidup sehat dengan melakukan diet puasa atau menjalani noom diet plan.

Sekian artikel mengenai Viral Penyakit Meningitis, Kenali Gejala dan Penyebabnya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mejalani pola hidup sehat. Terimakasih telah berkunjun ke artikel blog sekataku.com.



0 Response to "Viral Penyakit Meningitis , Kenali Gejala dan Penyebabnya Sebelum Terlambat | Tips Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel