Unit Iklan

Jangan Membuat Trauma!!! Berikut Cara Aman Mengatasi Ketergantungan Gadget Pada Anak | Tips Sehat

GADGET PADA ANAK

Gadget adalah suatu perangkat mobile yang saat menjadi kebutuhan wajib bagi seluruh orang, tidak terkecuali bagi anak anak. Padahal kita ketahui bersama anak anak membutuhkan jaminan pertumbuhan yang baik, namun gadget memiliki dampak buruk yang juga menyertai dalam penggunaannya.


Gadget, Gadgetin, Smartphone, Gadget adalah


Hasil penelitian yang dilakukan oleh Internet Matters menyatakan bahwa hampir 47% orang tua memiliki rasa kekhawatiran kepada anak mereka yang menghabiskan waktu secara online. Namun ada hampir 56% orang tua yang mengijinkan anak anak mereka untuk lebih menghabiskan waktu untuk menggunakan gadget. Perbedaan tersebut jelas memberikan pro dan kontra pada masyarakat mengenai penggunaan gadget pada anak.

Perkembangan, penggunaan dan penerapan teknologi dalam kehidupan sehari hari jelas membuat anak anak tidak bisa menghidari dari paparan penggunaan smartphone atau gadget. Melakukan tugas di Sekolah, belajar di rumah dan melakukan aktifitas lainnya bersama gadget.

SCREEN DEPENDENCY DISORDER


Permasalahan yang timbul dari perilaku ketergantungan atau kecanduan gadget ini di istilahkan sebagai Screen Dependency Disorder oleh para ilmuan atau disingkat dengan SDD. Ada beberapa masalah yang timbul saat anak mengalami paparan layar gadget yang tinggi sebagai berikut :
  • Memiliki gangguan pada pola makan yang sehat, kurangnya asupan energi dan kemungkinan resiko obesites yang sangat jelas.
  • Memiliki resiko depresi bagi anak anak yang memiliki paparan layar gadget hampir dua jam dalam sehari.
Walau masih banyak resiko lainnya yang ditimbulkan dari dampak penggunaan Gadget pada anak, namun orang tua juga perlu melakukan tindakan pencegahan yang tepat tampa menimbulkan permasalahan baru lagi nantinya seperti rasa trauma dan depresi pada anak.

VIRAL MENGATASI ANAK KECANDUAN GADGET


Beberapa bulan belakangan ini pasti kamu sering sekali menemukan video anak anak yang menangis karena ketakutan melihat lingkar matanya yang menghitam. Sugesti yang di berikan oang tua pada anak dengan memberikan pewarna hitam di wilayah mata, dirasa dapat membantu menghentikan ketergantungan anak pada gadget.

Anak ketakutan saat mengetahui lingkar matanya menghitam pekat seperti panda, dan saat itu orang tua memberikan sugesti bahwa hal itu disebabkan karena anak tersebut terlalu lama bermain gadget atau smartphone.

Mungkin hal yang dilakukan orangtua tersebut menurutnya merupakan upayah pencegahan ketergantungan gadget pada anak, namun sebenarnya ada rasa trauma pada anak yang ditimbulkan saat melihat lingkar matanya menghitam. Rasa trauma tadi akan memberikan dampak menghambat cara berfikir anak dalam mengatasi kegunaan gadget itu sendiri.

Berikut ini saya akan memberikan sedikit cara yang cukup menarik dalam mengatasi ketergantungan gadget pada anak anak.

METODE KARTU BERHADIAH


Anak anak sangat senang sekali di berikan pengakuan atas usaha yang mereka lakukan, atau penghargaan atas setiap usaha yang mereka perbuat. Memberikan penegasan kata "JANGAN" pada anak hanya akan memberikan dampak balik penolakan pada orang tua itu sendiri. Karena pada hakikatnya anak anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi, maka dari itu kata kata negative seperti penolakan hanya akan membuat anak anak semakin memberontak.

Metode Kartu Berhadiah ini seperti mengajak anak anak bermain sambil belajar bertanggung jawab dan mandiri pada diri mereka sendiri. Hingga akhirnya mereka harus melakukan suatu perbuatan baik untuk mendapatkan hadiah waktu bermain atau waktu penggunaan gadget di akhir pekan.

Ingat hanya penggunaan Gadget di Akhir Pekan, bukan setiap hari. Bahkan seorang Bill Gates yang kita kenal sebagai orang yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan teknologi saat ini. Hanya akan memberikan gadget pada anaknya saat mereka telah berumur minimal 14 tahun.

Target kita saat ini hanya memberikan waktu penggunaan gadget maksimal 2 jam saja pada akhir pekan untuk anak anak. Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan sebagai berikut :

1. Langkah Pertama, Saya membagi aturan TUGAS sederhana bagi anak dalam 5 macam saja. Seperti di bawah ini :
  • Tugas Membuat Perkerjaan Rumah
  • Tugas Shalat Tepat Waktu
  • Tugas Membersihkan Rumah
  • Tugas Belajar Mandiri di Rumah
  • Tugas Membantu Orang Tua


Gadget,Gadgetin,Gadget Adalah, Smartphone


2. Langkah Kedua, Tugas tugas tadi di dampingin dengan hadiah waktu bermain gadget di akhir pekan.

3. Langkah Ketiga, Kumpulkan hasil pencapaian anak anak tadi yang telah dilakukan sejak hari senin hingga jumat, dan berikan kompensasi hadiah waktu bermain gadget pada hari Sabtu dan Minggu.

MEMBANGUN KEPERCAYAAN


Menjalankan metode ini diperlukan ketegasan dari orang tua, karena apabila tidak ada ketegasan dari orang tua. Maka anak anak akan sulit sekali untuk berkerjasama dalam menjalani metode tadi. Membanguan kepercayaan antara orang tua dan anak juga sama pentingnya. Karena apa bila rasa percaya telah terbangun antara anak dan orang tua, yakin lah permasalahan dalam mengatasi ketergantungan gadget pada anak.

Semoga setiap orang tua dapat menyadari bahaya paparan berlebihan dalam ketergantungan gadget pada anak, dan memiliki kemampuan dalam mencegah permasalahan tersebut.

0 Response to "Jangan Membuat Trauma!!! Berikut Cara Aman Mengatasi Ketergantungan Gadget Pada Anak | Tips Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel