Unit Iklan

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara | Tips Bisnis

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara


Berbicara di hadapan orang banyak boleh di bilang susah-susah gampang. Seorang penulis mahir pun kadang masih sering kesulitan dan terkesan tidak mampu berbicara di depan banyak orang. Padahal kalau sedang menulis mahir nya ketulungan.
Soal bicara memang ada keahlianya dan seni nya, sebagian kalangan percaya bahwa ada dua jenis kepandaian komunikasi yang dimiliki manusia yakni komunikasi lisan dan tulisan.


cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak,cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara,cara mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan umum,cara menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan umum,cara menghilangkan rasa gugup saat bicara di depan umum,cara mengatasi rasa gugup saat berbicara,cara mengatasi rasa gugup saat bicara dengan wanita


Sebagai langkah awal, berikut beberapa tips berbicara di depan banyak orang :

  • Jika kita seorang yang pemalu, pertama-tama singkirkanlah rasa malu kita jauh-jauh. Bagaimana caranya terserah kita, jika rasa malu bersumber dari penampilan misalnya, baju, atau rambut. Segera perbaiki, lalu mulailah maju ke depan. 99% kesuksesan berbicara di depan orang adalah mengalami rasa malu, minder atau sungkan.
  • Jika kita bukan orang pemalu dan mampu menyingkirikan rasa malu, 99 persen kita sudah mampu bicara di depan banyak orang.
  • Persiapan. Lakukan persiapan sebaik mungkin, belajar bicara sebentar di depan kaca bisa membantu, atau buat catatan kecil sebagai panduan agar omongan kita melebar.
  • Sering membaca buku humor. Ini termasuk penting, mengapa? Diharapkan kita mampu menyelipkan suasana humor disela omongan kita agar suasana menjadi serius tapi santai.
  • Gaya bicara, tidak perlu berpatokan dengan gaya bicara tertentu, cukup percaya dirilah dengan gaya bicara kita, namun sebaiknya berikan tekanan intonasi pada kalimat-kalimat yang krusial atau penting.
  • Bahasa tubuh. Pakailah bahasa tubuh dengan baik dan tidak berlebihan. Misalnya jika ingin menunjuk sesuatu atau seseorang gunakan jari jempol tangan, jika ingin bersemangat, jangan ragu-ragu mengepalkan tangan. Gerakan tubuh juga perlu dilakukan untuk menambah '' daya gedor '' pembicaranmu.
  • Pandangan Mata. Sapulah pandangan kita ke seluruh audiens/hadirin, jangan hanya terpaku pada satu titik. Audiens akan merasa dihargai jika sesekali kita menoleh kepadanya.
  • Cocokan waktu, tempat dan jenis audiens. Jangan sampai salah menyesuaikan materi.    
Baca juga  : Tips Menjadi Pebisnis Yang Konsisten

Nah, bagaimana apakah kalian sudah mempunyai gambaran cara berbicara di depan umum yang baik? Itu hanya lah sebagai bentuk contoh tips yang dapat kita kembangkan. Dalam bab-bab selanjutnya, kita dapat mengetahui lebih mendalam bagaimana teknik berbicara dalam beragam situasi. 

Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara

Apakah kita termasuk salah seorang yang takut jika di suruh untuk bicara di depan umum. Mungkin kita mempunyai pengalaman pertama kali bagaimana bicara di depan umum. Apakah kita mengalami hal-hal berikut.

Kita merasa malu dan takut temen-temen atau hadir menertawakan dan tidak menangkap pembicaran yang kita sampaikan. Jantung berdetak keras dan tangan bergetar. Begitu pun keringat membasahi badan, kita beranggapan seakan-akan semua pendengar atau hadirin menghakimi. 

Banyak hal-hal buruk yang terpikir oleh kita seperti   :
  • Kita khawatir mereka tidak akan menganggapmu.
  • Kita berpikiran saat bicara, penyampaian bicara harus segera selesai.
  • Kita ingin bisa cepat-cepat menyingkir dari pandangan hadirin.
  • Kita kehilangan gagasan dan selanjutnya tidak bisa merangkai kata.
  • Kita lebih terfokus untuk menguasai diri dan terus beranggapan kurang baik kepada hadirin atau pendengar yang menatapmu.

Untuk menghindari kesan hadirin atau pendengar, kita memilih menghindari pandangan mereka. Misalnya, kita menundukkan tangan ke bawah atau memalingkan wajah.

Baca Juga  : Tips Yang Harus Dilakukan Bagi Pebisnis Pemula

Berbicara di depan umum memang mudah-mudah susah. Mudah jika kita sering melakukan dan susah jika belum terbiasa melakukan. Bagi yang belum terbiasa, pasti ada hambatan yang mempengaruhi kelancaran berbicara. 

Hambatan yang paling serius adalah demam panggung. Demam panggung adalah perasaan resah dan gelisah yang disebabkan oleh rasa malu, takut dan rendah diri.

Jika merasakan kegugupan saat berbicara di depan umum, berarti kita sedang mengalami demam panggung tersebut. Adapun ciri-ciri kita sedang demam panggung saat berbicara di depan umum adalah sebagai berikut :

  • Kaki dan tangan bergetar
  • Jantung berdetak cepat dan keras
  • Muka menjadi merah
  • Telinga menjadi terasa panas
  • Mulut menjadi kering dan bibir sulit digerakkan
  • Mata tidak berani memandang pendengar
  • Keringat dingin bercucuran


Jika demam panggung menyerang, biasanya kita tidak berdaya. Pikiranmu menjadi kacau, Apa yang telah dipersiapkan pun menjadi lupa dan bicara kita akan menjadi kacau. 

Kita pasti tidak bisa memikirkan dan menerapkan cara-cara berbicara di depan umum yang baik. Kosentrasi kita pun akan hilang dan semua mata para hadirin atau pendengar seakan menjadi beban tersendiri.
Kondisi demam panggung ini akan menjerumuskan kita dalam labirin pidato yang tidak berujung. Terkadang, kita banyak mengulang  kata-kata yang itu-itu saja. 

Demam panggung biasa dialami oleh orang yang baru pertama kali berbicara di depan umum. Bagaimana cara mengatasi demam panggung.

Demam panggung muncul karena adanya rasa takut. Mengapa orang takut berbicara di depan umum? rasa takut timbul karena kurangnya pengetahuan. Bagi yang belum pernah mencoba, berbicara di depan umum termasuk hal baru. Bagaimana mengawalinya? bagaimana menarik perhatian pendengar? bagaimana mengakhiri berbicara di depan umum.

Jika berusaha, penyakit demam panggung ini akan hilang dengan kita sering berlatih. Kita dapat mulai berlatih berbicara di depan umum di depan orang-orang yang kita kenal, misalnya dilingkungan keluargamu. Mulailah belajar berbicara di depan mereka.
Mintalah pendapat mereka atas kekurangan mengenai cara pnyampaian bicara. jangan takut untuk dikritik. Kita dapat mengambil pelajaran dan masukkan atas cara penyampaian berbicara di depan umum. Akan lebih baik jika kita mau meminta arahan dan bimbingan anggota ataupun teman.











































0 Response to "Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara | Tips Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel