Unit Iklan

Kenali Ataksia, Penyakit Yang Menyerang Gangguan Saraf | Tips Sehat

Hai Sahabat Kataku

Pada saat saya mencoba mencari topik pembahasan artikel yang akan saya bagikan pada blog ini, saya menemukan banyak sekali makalah Ataksia dan Jurnal Ataksia pdf pada situs situs kesehatan.

Rasa penasaran saya mencoba menggali lebih dalam lagi mengenai Apa itu Ataksia / Ataxia???Pengertian Ataxia dan sebagainya

Penyakit Ataksia Gangguan Saraf
Photo by Ian Schneider on Unsplash


Apakah Ataxia mirip dengan berbagai penyakit yang cukup awan di kenal masyarakat Indonesia seperti  penyakit jantung, penyakit stroke, penyakit kanker atau penyakit lainnya.


__________ ATAKSIA / ATAXIA __________


Apa itu Ataksia / Ataxia ?

Ataksia atau ataxia adalah suatu penyakit yang menyebabkan kurangnya koordinasi otot, yang akhirnya mempengaruhi kemampuan berjalan, bicara , pergerakan mata, kemampuan menelan dan gangguan pergerakan pada tubuh lainnya.

Ataksia atau Ataxia bisa dikatan sebagai penyakit yang menyerang sistem saraf sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dan keseimbangan pada tubuh.


Apa Penyebab Ataksia / Ataxia ?

Beberapa orang penderita ataksia atau ataxia adalah di karenakan faktor keturuanan. Namun ada beberapa lagi yang di sebabkan oleh tumor otak, cedera pada bagian kepala, stroke atau bisa dikarenakan konsumsi alkohol yang sangat banyak.

Dari penyebab penyebab tadi ataksia di bagi menjadi beberapa macam seperti ataksia gen, ataksia idiopati dan acuired ataxia


Berapa Banyak Jenis Ataksia / Ataxia ?

Ada beberapa macam jenis ataksia atau ataxia, berikut ini adalah ataksia yang paling umum terjadi seperti :

1. Ataksia Serebelum 

Pada jenis ataksia serebelum, terjadinya disfungsi atau kerusakan pada bagian otak kecil yang menyebabkan gangguan pada sistem koordinasi, kontrol motorik dan keseimbangan

Gejela neurologis pada ataksia serbelum mengakibatkan timbulnya perubahan gejala atau prilaku, melemahnya otot, sulit bicara atau cadel, sulit berjalan dan lain lain


2. Ataksia Sensorik

Kerusakan pada sistem saraf tulang belakang atau sistem saraf perifer yang mengakibatkan munculnya ataksia sensorik

Pada penyakit ataksia sensoring sangat sulit untuk merasakan keseimbangan, seperti sulit untuk bergerak dengan perlahan, sulit untuk menyentuh bagian hidung dengan mata tertutup, langkah kaki yang sangat berat dan lain lain.

Ataksia Sensorik menyebabkan seseorang sangat bergantung pada data visual yang mereka terima seperti penglihatan.


3. Ataksia Vestibular

Kerusakan pada jaringan telinga bagian dalam atau sistem vestibular pada telinga adalah jenis dari ataksia vestibular.

Beberapa kasus ataksi vestibular menyebabkan gangguan atau kerusakan pada telinga

Gejala pada umunya yang muncul karena ataksia vestibular adalah seperti vertigo, mual mual, sulit berjalan lurus, penglihatan kabur atau goyah dan lain lain.


Cara Mendiagnosa Ataksia / Ataxia ?

Pemeriksaan riwayat medis, riwayat penyakit keluarga, hasil pemeriksaan evaluasi neurologis lengkap merupakan sebagian dari cara mendiagnosa ataksia / ataxia ini.

Pemeriksaan tes genetik, pemeriksaan pemindaian otak melalui MRI atau CT Scan , serta pemeriksaan fungsi lumbal termasuk kedalam cara cara mendiagnosis penderita ataksia / ataxia


Apakah Penyakit Ataksia Bisa di Sembuhkan Atau Diobati ?


Pengobatan Ataksia atau ataxia meliputi terapi bicara, terapi fisik dan terapi okupasi dan pendampingan obat obatan yang di berikan dokter.

Tujuan utama dalam pengobatan ataksia adalah pendampingan dan pendekatan secara individu untuk menikatkan kualitas hidup


__________ ATAKSIA / ATAXIA _________


Demikian sedikit rangkuman mengenai penyakit ataksia atau ataxia ini, semoga informasi ini sedikit banyak dapat menambah pengetahuan kita mengenai berbagai macam penyakit dan cara mengatasinya.

Terimakasih telah berkunjung ke blog sekataku.com, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar agar kita bisa saling berdiskusi bersama.

"Setiap orang yang sakit, tidak hanya butuh pendampingan medis. Namun juga mereka membutuhkan dukungan mental dari orang orang terdekatnya."

0 Response to "Kenali Ataksia, Penyakit Yang Menyerang Gangguan Saraf | Tips Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel