Unit Iklan

Cara Mencegah Anak dari Menghidap Cacingan | Tips Sehat

CEGAH CACINGAN PADA ANAK


Cacingan sangat sering ditemukan pada anak-anak, terutama anak usia sekolah. Menurut penelitian, angka penduduk Indonesia yang menderita cacingan masih sangat tinggi. Penyebab cacingan yang ada di Indonesia ialah cacing gelang, cacing cambuk dan cacing tambang.

cacingan, cacingan pada anak, cacingan pada kucing, cacingan adalah, cacingan pada bayi, cacingan disebabkan oleh, cacingan pada ibu hamil, cacingan pdf, cacingan bahasa medis, cacingan pada manusia, kecacingan, kecacingan adalah


Penyebaran cacing melalui berbagai cara, seperti melalui mulut da ada pula yang melalui telapak kaki. Teur cacing pada tangan, kotoran, atau kuku dapat masuk ke dalam mulut saat anak makan atau menghisap jari.

Baca Juga : Bagi kamu yang ingin cepat Kaya dan Laku dalam berjualan, lihat cara caranya disini

Telur cacing akan menetas di dalam tubuh dan cacing akan berpindah ke usus besar. Kemudian cacing akan meletakkan telurnya di sekitar anus, biasanya pada malam hari. Cacing di dalam tubuh sangat merugikan. Cacing gelang akan menghisap sari makanan dalam tubuh sedangkan cacing cambuk dan cacing tambang akan menghisap darah dalam tubuh kita.

Gejala

Gejala terjadinya kecacingan adalah daerah sekitar anus terasa gatal pada malam hari sehingga penderita sulit untuk tidur dan merasakan sakit pada area perut. Perut akan terlihat buncit, badan kurus, pucat, lemas dan cepat lelah.

Baca Juga : Resep makanan bagi penderita penyakit jantung

Meskipun cacingan jarang mengakibatkan kematian, cacingan dapat menimbulkan gangguan gizi serta anemia. Anak-anak yang terkena gangguan gizi dan menderita anemia akan terhambat pertumbuhannya. 

Anak-anak yang terhambat pertumbuhannya tidak dapat tumbuh sehat, optimal, dan terhambat pula kecerdasannya. Cacingan akan menyebabkan menurunnya prestasi belajar anak di sekolah dan membuat anak rentan terserang penyakit.

Baca Juga : Mengapa Bill Gates bisa sangat kaya, lihat perjalanannya disini

Pengobatan

Mengobati penyakit cacingan yaitu dengan meminum obat cacing dengan dosis yang tepat setiap 6 bulan sekali bagi anak-anak dan 1 tahun sekali untuk orang dewasa.

Baca Juga : Steve Jobs dan seluruh inovasinya yang merubah dunia

Pencegahan

Cara pencegahan penyakit cacingan antara lain dengan membiasakan mencuci tangan pakai sabun (CTPS) dalam 5 waktu penting seperti sebelum dan sesudah buang air, sebelum dan sesudah makan, setelah membersihkan anak yang BAB, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang hewan peliharaan.
Selalu menggunakan air bersih, saat mengambil air gunakan wadah yang bersih dan simpan di tempat yang bersih dan tertutup. Masak air sampai benar-benar mendidih.

Begitu pula saat memakan sayuran mentah, sebaiknya sayuran dicuci hingga bersih. Tutuplah makanan yang tersaji di rumah dan jajanan di sekolah.

Baca Juga : Fakta fakta mengenai wanita berzodiac Cancer

Selain itu disarankan selalu memakai sendal atau sepatu jika keluar rumah. Tidak buang air besar sembarangan (BABS). Biasakan potong dan bersihkan kuku seminggu sekali. Lalu, minum obat cacing sesuai dosis 6 bulan sekali.

0 Response to "Cara Mencegah Anak dari Menghidap Cacingan | Tips Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel