Unit Iklan

Steve Jobs dan Inovasi Apple Company | Hot Info

APPLE COMPANY

Melihat perkembangan Apple saat ini tidak bisa lepas dari bayang bayang Steve Jobs. Pria kelahiran 24 Februari 1955 ini bersama Steve Wozniak dan Ronald Wayne menemukan Apple. Mereka memiliki misi untuk merangcang sebuah komputer.



apple company, ipod, iphone, imach, machintosh, steve jobs, steve wozniak, apple, machbook pro


Homebrew Computer Club adalah tempat pertama kali diperkenalkannya Apple I pada tanggal 1 April 1976. Pada saat itu produk yang dikeluarkan adalah berupa Motherboard dengan CPU, RAM dan Basic textual-video chips. Apple I di jual dengan harga $666.66 pada saat itu, hingga bisa dikatakan Apple I adalah nenek moyang dari komputer saat ini.

Baca Juga : Sejarah Panjang Google

Pada tanggal 16 April 1977 di hari pertama West Coast Computer Fair, Apple II di luncurkan dan diperkenalkan pada publik. Peluncuran Apple II kala itu dilengkapi dengan monitor warna dengan resolusi tinggi serta aplikasi yang meliputi 16.000 macam program pernati lunak, game seperti Oregon Trail , Casing yang berahan metal serta delapan slot ekspansi.

Pada era 1980an Apple memiliki saingan seperti Commodore dan beberapa pesaing lainnya seperti IBM dan Microsoft mulai memasuki pasar. Apple III di luncurkan pada bulai Mei di Tahun 1980. Perkembangan komputer saat itu memberikan pelajaran yang sangat berarti kedepannya, karena pada saat itu komputer tidak memiliki kipas pendingin. Sehingga komputer banyak yang memiliki suhu sangat panas dan akhirnya di tarik dari peredaran di pasaran, bahkan dalam jumlah yang cukup besar.

Baca Juga : Fakta tersembunyi mengenai wanita berzodiac cancer

Nama anak Steve Jobs "LISA" menjadi nama produk Apple pada tahun 1983 yaitu Apple Lisa. Apple Lisa merupakan produk pertama yang menggunakan mouse serta memiliki Graphical User Interface. Graphical User Interface atau GUI memberikan kemampuan pengguna untuk memanipulasi gambar dilayar. Namun dikarekan harga yang cukup tinggi membuat konsumen sedikit keberatan untuk membeli pada saat itu.

KELAHIRAN APPLE MACINTOSH

Pada awal mula kemunculan Apple Macintosh pada 24 Januari 1984 cukup terseok seok karena Microsoft mendominasi pangsa pasar. Hal itu dikarenakan Apple tidak memberikan izin perusahaan lain untuk membangun komputer yang kompatibel untuk Macintosh.  Apple Macintosh pada mulanya di buat sebagai proyek komputer yang lebih murah di banding Apple Lisa. Namun pelepasan Macintosh di pasaran harus berhadapan dengan PC buatan IBM yang ternyata lebih murah dari harga Macintosh saat itu.

Baca juga : Jangan salah mengatasi anak ketergantungan Gadget

HENGKANGNYA WOZNIAK DARI APPLE

Kesuksesan Apple II ternyata tidak sejalan dengan pengembangan Apple III. Bahkan Apple III di hentikan sebelum Apple II di hentikan. Pengembangan Apple III yang mengikuti keinginan pasar menjadikan pertanyaan Wozniak bahwa Apple tidak lagi mengikuti idealisme awal dari pengembangan Apple. Perbedaan pandangan ini membuat Steve Wozniak memilih hengkang dari Apple Company.

Baca Juga : Cara mengatasi ambeien dan menghidari abses

KELUARNYA STEVE JOBS

Permasalahan yang berkembang dengan keluarnya Wozniak membuat orang orang beranggapan bahwa ada konflik yang terjadi antara Wozniak dan Jobs. Namun pada kenyataannya hubungan antara Wozniak dan Jobs tetap terjalin baik dan terus bersahabat. Perubahan yang terjadi di Apple Company adalah di tariknya sebagian besar wewenang Jobs dalam Apple Company. Bahkan Apple Company tidak pernah memecat Steve Jobs. Jobs meninggalkan Apple dan mendirikan perusahan IT yang juga sangat terkenal yaitu NExt.

Baca Juga : Kerja keras tidak akan menghianati hasil mendaftarkan Google Adsense

MUNCULNYA APPLE POWERBOOK

Kegagalan demi kegagalan Apple Company dalam penjualan produk Macintosh Portable pada tahun 1989. Apple mencoba lagi dengan mengenalkan komputer  portable lainnya yaitu PowerBook pada awal 1990. PowerBook di produksi dari tahun 1991 hingga tahun 2006 yang ditujukan untuk pasaran Profesional.

Baca Juga : Penting!!! Sebagai orang tua kita wajib tahu cara menghadapi Bully pada Anak

Walau dalam perjalanannya ada produk Apple PowerBook 5300 yang cukup memiliki banyak kegagalan. Apple berkembang dengan meningkatkan produknya bersama IBM dan Motorola yaitu prosesor PowerPC. Prosesor PowerPC ini bertujuan agar produk produk Apple yang lebih tua dapat tetap berjalan dengan menggunakan prosesor PowerPC.

KEMBALINYA STEVE JOBS

Jobs kembali ke Apple pada tahun 1997 lalu menjadi CEO. Sahabat Steve Jobs yaitu Wozniak menyatakan bahwa orang yang paling tepat memimpin Apple Company adalah Jobs. Karena menurutnya Jobs mampu mengembalikan idealisme awal pendirian Apple Company. Walau banyak yang menganggap Steve Jobs mudah berubah pikiran dan memiliki emosi tinggi. Namun Steve Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Google Company.

Baca Juga : Waspadai musim kemarau berkepanjangan sebabkan kabut asap

KELAHIRAN IMAC

Kembalinya Steve Jobs pada Apple Company rupanya memberikan angin segar bagi perusahaan tersebut. Kelahiran produk IMAC memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan Apple Company kedepannya. Model penampilan yang diutamakan serta kemampuan teknologi tinggi yang terdapat pada IMAC memiliki kesan tersendiri pada pasar. Namun penampilan lah yang akhirnya menjadi fokus utama dalam pengembangan merek Apple sehingga mampu memrikan keuntungan bagi Apple Company.

Baca Juga : Hindari report berbahaya pada blog kamu dengan mendaftar DMCA

ERA MUSIC PORTABLE IPod

23 Oktober 2001 kemunculan IPod di pasaran, memberikan gebrakan besar pada peralatan elektronik pribadi dan musik online. Kemunculan karya yang tepat pada waktunya sama pentingnya menjadi tagline utama Steve Jobs bersama karyawannya atau yang lebih dikenal dengan nama "Real Artists Ship".

Baca Juga : Mengapa Orang Banyak menikah di Bulan Bulan ini

Kehadiran IPod benar benar merubah wajah musik dunia, mengenai alat musik portable saat itu. Kesuksesan ini berlanjut dengan hadrnya IPod Classic pada 2001-2007, IPod Nano, IPod Shuffle dan IPod Touch.

KEHADIRAN IPhone

IPhone dihadirkan pada 29 Juni 2007. IPhone hadir tidak hanya memberikan fitur fitur mumpuni dalam kegunaan personal gadget. Namun IPhone bahkan berubah menjadi suatu barang yang memiliki nilai prestisius bagi pemiliknya. Sehingga perbandingan harga IPhone yang sangat jauh berbeda dengan yang ada di pasaran saat itu, tetap memiliki nilai penjualan yang cukup tinggi hingga saat ini.

Baca Juga : Cara menampilkan menu penghasilan di blog

SEJARAH LOGO APPLE

Asal mula logo Apple menurut Jobs berasal dari gambaran Sir Isaac Newton yang duduk di bawah pohon Apel. Sehingga ide tersebut digunakan oleh Steve Jobs untuk mengembangkan logo Apple. Logo Apple kemudian berkembang menjadi Apel Pelangi oleh Rob Janoff, yang diartikan sebagai monitor yang sangat mudah di akses dan memiliki kemampuan produksi warna. Logo Apel Pelangi ini digunakan pada tahun 1976 hingga 1998.

Baca Juga : Cara menambahkan menu penting di Blog untuk lolos verifikiasi Google Adsense

Setelah itu logo Apple berkembang menjadi lebih monokrom dan berupa gambaran siluet dengan gigitan. Gigitan pada logo Apple di analogikan sebagai sebuah penghargaan kepada Bapak Komputer Alan Turing yang meninggal bunuh diri dengan memakan Apel yang telah di olesi sianida.

Baca Juga : Kamu sering gatal gatal, mungkin kamu terkena penyakit ini

CATATAN PENTING PERJALAN APPLE COMPANY

Dalam sejarah perjalanan Perkembangan Apple Company memiliki beberapa hal penting sebagai berikut :
  • Steve Jobs lahir pada tahun 1955
  • Steve Jobs dan Steve Wozniak menciptakan Apple I pada tahun 1976.
  • Apple II lahir pada tahun 1977.
  • Apple Company mulai menjual sahamnya pada publik di tahun 1980
  • Apple Machintosh diperkenalkan pada tahun 1984
  • Steve Wozniak meninggal Apple Company pada tahun 1984.
  • Steve Jobs mengundurkan diri dari Apple Company pada tahun 1985
  • Apple PowerBook sebagai laptop modern muncul pada tahun 1991
  • Steve Jobs kembali pada Apple Company pada tahun 1997
  • IMac di luncurkan pada tahun 1998
  • IPod di luncurkan pada tahun 2001
  • IPhone di luncurkan pada tahun 2007.

0 Response to "Steve Jobs dan Inovasi Apple Company | Hot Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel