Unit Iklan

MITOS ATAU FAKTA, TIDAK BOLEH MANDI SAAT MENGALAMI CACAR AIR? | Tips Sehat

MITOS ATAU FAKTA, TIDAK BOLEH MANDI SAAT MENGALAMI CACAR AIR?


Cacar air (Varicella simplex) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella-zoster. Media penyebaran penyakit ini adalah melalui udara atau titik-titik ludah.

cacar, cacar monyet, cacar air, cacar ular, cacar air pada anak, cacar pada bayi, cacar air adalah, cacar air di telapak kaki, cacar air obat alami, cacar api, cacar api pada anak


Bagaimana proses terinfeksinya tubuh oleh virus Varicella-zoster?


Awalnya virus masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir saluran napas bagian atas, seperti hidung, mulut, dan tenggorokan. Setelah masuk ke dalam tubuh, virus akan tumbuh dan berkembang. Lalu virus akan menyebar melalui darah dan getah bening.

Baca Juga : Bua kamu yang ingin penjualannya semakin meningkat tajam, wajib melihat artikel ini

Penyakit ini timbul pada saat daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu penyakit ini sering menyerang anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terhindar dari penyakit cacar air. 

Gejala

Sebelum munculnya bintik-bintik merah di badan, penderita akan merasa sedikit demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, lemah, nyeri sendi, sakit kepala dan pusing.  Setelah itu muncul bintik-bintik kecil kemerahan pada kulit. Bintik tersebut kemudian akan berubah melepuh dan berisi air. 

Baca Juga : Masakan Bagi Para Penderita Jantung Penting!!!

Ruam kulit ini akan terasa agak nyeri dan gatal, namun sebaiknya dibiarkan mengering sendiri dan jangan sengaja dipecahkan agar tidak meninggalan bekas di kulit dan mencegah terjadinya infeksi. Bekas cacar air pun akan lebih sulit menghilang pada penderita dewasa.

Terapi atau Pengobatan

Untuk mengurangi rasa gatal pada kulit dapat diberikan bedak yang mengandung zat antigatal seperti bedak yang mengandung mentol. Bedak mentol selain mengurangi rasa gatal, juga dapat mencegah pecahnya cacar air secara dini.

Baca Juga : Sering sekali mengalami nyeri pada saat menstruasi, mungkin kamu harus melakukan langkah langkah berikut ini

Bolehkah pencerita cacar air mandi?


Penderita sebaiknya tetap mandi, meskipun masih timbul bintik cacar. Hal itu karena untuk menjaga kebersihan kulit dari menempelnya bakteri penganggu.

Baca Juga : Sebagai Laki Laki, Jangan Sampai Kamu tidak paham PMS yang di Alami oleh Seorang Wanita. Caranya lihat disini

Jika tidak mandi, bakteri akan dengan mudahnya menempel di kulit dan akan cepat berkembang dan bakteri dapat masuk ke dalam luka cacar. Jadi, mitos tentang penderita cacar air dilarang mandi merupakan anggapan keliru.

Sesudah mandi, keringkan tubuh dengan handuk bersih. Usahakan menggosok tubuh tidak terlalu keras untuk mencegah pecahnya bintik cacar air.

Memakan makanan bergizi dapat mempercepat penyembuhan. Terutama mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu biji dan tomat merah.

Baca Juga : Ingin anak berhenti bermain Gadget atau Handphone tapi dengan cara yang salah. Berikut ini cara mengatasi anak bermain gadget tanpa membuat trauma

Pencegahan

Pencegahan cacar air dapat dilakukan melalui imunisasi. Imunisasi biasanya diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia lebih dari 12 bulan. Imunisasi ini dianjurkan bagi orang di atas usia 12 tahun yang tidak mempunyai kekebalan tubuh.

Baca Juga : Lihat apa penyebab artis yang terkenal lucu ini bisa meninggal dunia, dan pahami gejalanya

Terimakasih telah berkunjung ke artikel sekataku.com dan jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar agar kita dapat saling berbagi informasi bermanfaat lainnya.

0 Response to "MITOS ATAU FAKTA, TIDAK BOLEH MANDI SAAT MENGALAMI CACAR AIR? | Tips Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel