Unit Iklan

5 CARA MUDAH DAN ALAMI MENGATASI NYERI PADA SAAT MENSTRUASI | Tips Wanita

NYERI PADA SAAT MENSTRUASI


Haid atau menstruasi adalah Menstruasi atau haid terjadi ketika dinding rahim yang menebal luruh karena tidak adanya pembuahan sel telur. Setiap wanita memiliki usia pertama haid atau usia menarche yang berbeda-beda. Perbedaan usia menarche tersebut ditentukan dari hormon setiap wanita.

pms, pms adalah, pms arti, pms artinya, pms itu apa


Siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda, biasanya terjadi antara 25 sampai 35 hari, namun rata-rata siklus menstruasi pada umumnya adalah 28 hari. 

Baca Juga : Teman Wanita Kamu Sering Ngambek??? Para Pria Wajib Tahu Hal Berikut Ini Tentang Wanita

Kenali gangguan siklus menstruasi

1. Polimenorhea : yaitu siklus haid yang terjadi di bawah 28 hari
2. Oligomenorhea : yaitu siklus haid yang terjadi di atas 35 hari
3. Amenorhea : 3 bulan berturut-turut tidak haid

Segala gangguan siklus menstruasi terjadi karena beberapa faktor diantaranya stres, hormonal, gizi, penyakit. Pre menstruasi syndrome (PMS) terjadi pada fase ketiga saat lapisan dinding rahim semakin menebal dan tidak terjadi pembuahan pada sel telur. Gejala PMS biasa ditandai perubahan emosi yang lebih sensitif dan perubahan kondisi seperti nyeri pada payudara, perut dan pinggang, pusing, cepat lelah dan kembung. 

Baca Juga : Jangan Sepelekan Penyakit Kadas dan Kurap

Penyebab timbulnya nyeri saat menstruasi yaitu pergerakan kontraksi otot dinding rahim yang kencang saat terjadinya proses menggugurkan pembuluh darah yang menebal pada dinding rahim. Sebelum mengonsumsi obat untuk mengatasi nyeri saat haid, ada baiknya kamu mencoba beberapa cara alami mengatasi nyeri saat menstruasi.

Berikut 5 cara alami atasi nyeri pada otot saat menstruasi:

1. Kompres perut dengan air hangat

Mengompres bagian bawah perut dengan menggunakan air hangat dapat membuat otot di sekitar rahim lebih relaks sehingga bisa mengurangi rasa nyeri yang muncul saat haid. Cara mengompres bisa dilakukan dengan menggunakan handuk. Basahi handuk dengan air hangat, lalu kompres bagian perut yang sakit. Suhu panas akan membantu melemaskan otot rahim yang tegang dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga : Kamu Tahu Dari Mana Asal Kekayaan Bill Gates???

2. Memijat perut dan punggung

Memijat perut dan punggung bagian bawah dengan geraka memutar secara perlahan dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Selain itu, kamu juga bisa atasi nyeri saat haid dengan berbaring telentang sambil menaikkan kedua kaki ke atas atau berbaring miring dengan menekuk lutut untuk mengurangi nyeri pada perut dan punggung.

Baca Juga : Inovasi yang di lakukan orang berikut ini, merubah dunia terhadap teknologi

3. Olahraga ringan

Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan zat endorfin yaitu zat yang berfungsi sebagai painkiller dan peningkat mood secara natural. Tak hanya itu, berolahraga dapat melancarkan peredaran darah ke organ reproduktif, melepas stres dan relaksasi. Yoga merupakan olahraga yang tepat untuk merangsang tubuh mengeluarkan endorfin. Selain itu, berjalan-jalan kecil juga disarankan untuk kamu meringankan rasa sakit saat menstruasi. 

Baca Juga : Asal Usul Sejarah Panjang Perjalanan Google

4. Mengonsumsi teh herbal

Salah satu teh herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri saat menstruasi adalah teh chamomile. Sebuah studi membuktikan bahwa teh beraroma bunga ini mampu membantu mengurangi nyeri saat menstruasi secara alami.

Teh chamomile mengandung senyawa hippurate yaitu suatu senyawa alami dalam tubuh yang bertugas melawan peradangan.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah dalam Mengatasi Anak Keterantungan Gadget

5. Mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi kalsium

Wanita dengan rentang umur 19-50 dianjurkan untuk megonsumsi kalsium sekitar 1000 mg kalsium setiap harinya. Kalsium dipercaya dapat membantu mengurangi kram otot rahim pada saat menstruasi. Contoh makanan yang akan kalsium diantaranya ialah susu dan turunannya, almond, sayuran hijau, biji wijen.

Baca Juga : Kamu Sakit Ambeien, Jangan Tunggu Lama...Gunakan Cream Hemorrhoids Berikut ini

Jangan sungkan untuk meninggalkan pesan di kolom komentar, agar kita dapat saling berbagi informasi yang sama sama kita butuhkan yah teman teman. Terimakasih telah berkunjung ke artikel sekataku.com.

0 Response to "5 CARA MUDAH DAN ALAMI MENGATASI NYERI PADA SAAT MENSTRUASI | Tips Wanita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel