Unit Iklan

15 Maret Hari Penting Bagi Seluruh Konsumen di Dunia "WORLD CONSUMER RIGHTS DAY" | Hot Info

 WORLD CONSUMER RIGHTS DAY

Kamu pasti sering mendengar kata kata konsumen, atau lebih dikenal dengan pembeli atau pengguna jasa. Tapi kita biasanya hanya terbiasa mendengar istilah istilah seperti konsumen primer, konsumen sekunder atau konsumen tersier.





Hal lainnya yang berhubungan dengan keterlibatan kita sebagai konsumen pasti tidak banyak yang tahu. Misalnya seperti tanggal 20 April merupakan Hari Konsumen Nasional.


Nah berhubung saat ini adalah bulan Maret di mana pada tanggal 15 Maret ini merupakan hari Hak Konsumen Sedunia atau yang dikenal dengan "WORLD CONSUMER RIGHTS DAY". Kami ingin berbagi informasi seputar World Consumer Rights Day dan hal apa saja yang berhubungan bagi kita, sebagai konsumen Nasional di Indonesia.

HARI HAK KONSUMEN SEDUNIA

Dari situs resmi Consumer Internasional kita dapat ketahui bahwa mereka memiliki keyakinan bahwa setiap orang yang memiliki akses terhadap produk dan layanan yang bersifat aman dan berkelanjutan.

sumber : website Consumer International



Merangkul lebih dari 100 Negara, Consumer Internasional beserta seluruh anggota organisasi yang tergabung di dalamnya selalu berupaya menyuarakan dalam forum internasional berserta pasar global untuk selalu dapat memastikan seluruh pihak dapat diperlakukan aman, adil dan jujur.

Hari Hak Konsumen Sedunia diadakan setiap tanggal 15 Maret disetiap tahunnya sebagai bentuk gerakan konsumen dunia internasional dalam solidaritas memperjuangkan hak hak konsumen.

Nah Apakah Kamu Tahu bahwa di Negara Indonesia juga memiliki beberapa Organisasi atau Badan yang berhubungan dengan Hak Hak Kosumen.


YAYASAN LEMBAGA KONSUMEN INDONESIA

Organisasi yang telah berdiri sejak 11 Mei 1973 ini aktif dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat untuk kritis terhadap hak dan kewajiban konsumen.

Dalam situs resminya Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia selalu berusaha berperan aktif dalam keterlibatan Pemerintah dalam menghasilkan keputusan, terutama keputusan keputusan yang terkait jaminan konsumen.

sumber : website YLKI



Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia juga dapat menjadi wadah pengaduan bagi masyarakat yang merasa tidak puas akan produk atau layanan yang diperolehnya.


KOMUNITAS KONSUMEN INDONESIA

Bertujuan untuk mewujudkan hak hak konsumen yang tertuang dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999, Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat yang dikenal dengan Komunitas Konsumen Indonesia.

sumber : website Komunitas Konsumen Indonesia



Diprakarsai oleh Bapak David Tobing dan Bapak Agus Soetopo, Komunitas Konsumen Indonesia berdiri pada 08 September 2009 hingga saat ini terus aktif mendorong masyarakat untuk berani menyuarakan Hak dan Kewajiban konsumen.



BADAN PERLINDUNGAN KONSUMEN INDONESIA

Badan milik Pemerintah ini memiliki beberapa tugas dan fungsi yang berdasarkan Pasal 33 dan 34 Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan kosumen sebagai berikut ini :

  1. Memberikan saran dan rekomendasi kepada Pemerintah dalam rangka penyusunan kebiakan di bidang perlindungan konsumen.
  2. Melakukan penelitian dan pengkajian terhadap peraturan perundang undangan di bidang perlindungan konsumen.
  3. Melakukan penelitian terhadap barang dan / jasa yang menyangkut keselamatan konsumen.
  4. Mendorong berkembangnya lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat.
  5. Menyebarluaskan informasi melalui media mengenai perlindungan konsumen dan memasyarakatkan sikap keberpihakan kepada konsumen.
  6. Menerima pengaduan tentang perlindungan konsumen dari masyarakat, lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat, atau pelaku usaha; dan melakukan survei yang menyangkut kebutuhan konsumen.
sumber : website BPKN





KONSUMEN INDONESIA

Situs Konsumen Indonesia merupakan wadah penyampaian informasi terkait regulasi, berita dan publikasi terkait hal hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan perlindungan konsumen di Indonesia terutama meliput 9 ( sembilan ) sektor prioritas.

sumber : website Konsumen Indonesia



0 Response to "15 Maret Hari Penting Bagi Seluruh Konsumen di Dunia "WORLD CONSUMER RIGHTS DAY" | Hot Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel