Unit Iklan

Kenali Penyebaran Penyakit Malaria Melalui Nyamuk Serta Cara Pencegahan Malaria | Tips Sehat

Penyakit Malaria


Malaria adalah suatu infeksi darah yang menyebabkan demam panas tinggi dan kedinginan. Ia disebabkan oleh parasit (disebut plasmodium) yang ditularkan pada manusia oleh sejenis nyamuk tertentu yang menggigit kebanyakan pada malam hari.

nyamuk, nyamuk dbd, nyamuk malaria, nyamuk aedes, nyamuk anopheles, anopheles, anopheles sp, malaria, malaria adalah, malaria pdf, malaria tropika, malaria tertiana


Malaria secara khusus berbahaya bagi anak-anak usia di bawah 5 tahun, wanita hamil, dan orang penderita HIV/AIDS. Kehamilan menurunkan kemampuan seorang wanita untuk memerangi penyakit dan infeksi. 

Baca Juga : Resep Cemilan Sehat Bagi Penderita Asam Urat

Jika seorang wanita hamil mengidap malaria, ia juga dapat menderita anemia (kurang darah), dan anemia ini akan memperbesar resiko kematian pada saat atau setelah persalinan. Menderita malaria pada masa kehamilan juga dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran dini, bayi terlalu kecil, atau kelahiran mati.

Ada beberapa jenis malaria. 


Kebanyakan malaria dapat disembuhka, tetapi malaria otak (Plasmodium falciparum) dapat menyebabkan kematian dalam 1 atau 2 hari setelah terinfeksi.

Baca Juga : Bahaya DBD dan Apa Saja Yang Perlu Kamu Lakukan

Penularan penyakit malaria terjadi lewat parasit plasmodium kepada manusia dengan vektornya adalah nyamuk Anopheles betina. Disaat nyamuk sedang menggigit seseorang yang mengalami infeksi malaria, maka nyamuk ini kemudian akan mengisap parasit atadi yang disebut dengan parasit gametocytes. 

Parasit ini biasanya menyelesaikan siklus dari suatu pertumbuhan yang terjadi di dalam tubuh nyamuk dan setelah itu akan merambat menuju ludah nyamuk. Dan disaat sedang menggigit manusia, nyamuk ini selanjutnya akan menyuntikkan masuk parasit ke dalam aliran darah. 

Dan kemudian menuju masuk ke hati dan setelah itu mulai melipatgandakan dirinya. Bentuk dari penularan yang lain terjadi adalah misalnya penularan yang terjadi dari wanita hamil ke janin. Penyakit malaria juga menular lewat transfusi darah.

Baca Juga : Cara Mencegah Anak dari Menderita Cacingan


Anopheles


Hewan yang termasuk dalam kelas Hexapoda (insektor) mempunyai satu pasang antena dan tiga pasang kaki. Dalam daur hidupnya terjadi beberapa perubahan yaitu perubahan bentuk,perubahan sifat hidup dan perubahan struktur bagian dalam insekta atau juga metamorfosis.

Baca Juga : Mitos Atau Fakta Tidak Boleh Mandi Saat Menderita Cacar Air

a. Klasifikasi


Pylum   : Arthropoda
Kelas    : Hexapoda
Ordo: Diptera
Genus   : Anopheles


b. Ciri-ciri nyamuk Anopheles


  1. Kepala anophelni jantan memiliki antena yang berambut lebat (plumose), palpus terdiri atas probosis dengan ujung agak bulat.
  2. Kepala betina memiliki venasi sayap kosta dan subkosta.
  3. Bentuk tubuh kecil dan pendek
  4. Antara palpi dan proboscis sama panjang
  5. Menyebabkan penyakit malaria
  6. Pada saat hinggap membentu sudut 90º
  7. Warna tubunya coklat kehitaman
  8. Bentuk sayap simetris,bercak dan sisik gelap terang.
  9. Berkembang biak di air kotor atau tumpukan sampah

Gejala Klinis Penyakit Malaria


Malaria menyebabkan demam setiap 2 atau 3 hari, tapi pada awalnya demam dapat terjadi setiap hari. Jika kamu menderita demam yang tak jelas alasannya sebaiknya menjalani pengujian untuk malaria. Hal ini dapat dilakukan di hampir semua pusat-pusat kesehatan.

Baca Juga : Resep Makanan Bagi Penderita Penyakit Jantung

Malaria menyerang dalam 3 tahap:


  • Tanda pertama adalah rasa kedinginan dan sering sakit kepala. Penderita menggigil selama 15 menit sampai 1 jam.
  • Kedinginan diikuti dengan demam tinggi. Penderita menjadi lemah dan kadang-kadang mengigau. Demamnya bisa berlangsung antara beberapa jam sampai beberapa hari.
  • Akhirnya penderita mulai berkeringat dan demamnya menurun. Setelah demamnya turun, penderita merasa lemah.


Pengobatan


Jika memungkinkan, lakukan pengujian darah. Mulailah pengobatan segera setelah tanda-tanda pertama terlihat. Karena malaria ditularkan dari satu orang ke orang yang lain oleh nyamuk maka dengan mengobati orang yang sakit berarti kita juga melindungi orang lain agar tidak terinfeksi.
Di beberapa tempat, parasit malaria berkembang menjadi parasit yang tidak mempan diobati. Bahkan obat yang semula ampuh mencegah atau mengobati malaria sudah tidak lagi efektif. Obat-obatan yang dapat menyembuhkan malaria di satu daerah belum tentu dapat menyembuhkan malaria yang ditemukan di tempat lain.

Salah satu obat yang diberikan untuk mengobati malaria adalah artemisinin (sudah digunakan bertahun-tahun di Cina), yang sering diberikan bersama dengan obat antimalaria lainnya atau dengan antibiotik. 

Baca Juga : PMS adalah Salah Satu Hal Yang Harus Di mengerti seorang Pria terhadap Wanita


Pencegahan


Malaria sering muncul saat udara panas, di musim hujan karena nyamuk pembawa malaria berkembangbiak di air yang hangat dan tidak mengalir. Namun di beberapa daerah, malaria juga ditemukan di musim kering di mana nyamuk berkembangbiak dalam genangan air di kolam-kolam kecil. Menghindari gigitan nyamuk adalah cara terbaik untuk mencegah malaria.
Terimakasih telah berkunjung ke artikel sekataku.com tentang Kenali Penyebaran Penyakit Malaria Melalui Nyamuk Serta Cara Pencegahan Malaria. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kamu yah.

1 Response to "Kenali Penyebaran Penyakit Malaria Melalui Nyamuk Serta Cara Pencegahan Malaria | Tips Sehat"

  1. If this mild exfoliating toner would not have you completely obsessive about its considerably bouncy texture, the skin-softening and acne-clearing results will. If in case you could have} however to catch 코인카지노 a whiff of the refined perfume, allow me to elucidate what you’re in for. At first sniff, you’ll be handled to an interesting dance of saffron and jasmine; amber picket and ambergris; fir resin, and cedar.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel